travel

Sensasi Menjelajahi Hutan Mangrove, Destinasi Wisata Baru di Aceh Singkil

Perpaduan hutan bakau dan pantai memberikan sensasi ketenangan tersendiri, cocok untuk kalian yang sedang butuh ketenangan dari betapa penat dan pelik

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur di ekowisata hutan mangrove yang dikelola Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Bina Cita Kreasi Gosong Telaga Selatan, Singkil Utara, Senin (22/2/2021) 

Laporan: Dede Rosadi I Aceh Singkil

SERAMBINEWSTRAVEL.COM, SINGKIL - Berkunjung ke Kabupaten Aceh Singkil tidak lengkap rasanya kalau belum menikmati sejumlah wisata alamnya yang indah dan eksotis.

Dari sederet lokasi wisata alam di Aceh Singkil yang sangat memanjakan mata, salah satunya kawasan hutan  mangrove dan baru saja diresmikan Bupati Aceh Singkil, Dul Musrid, Minggu (10/1/2021) lalu.

Pemandangan di hutan mangrove pun tak kalah memukau dengan pilihan wisata alam lainnya. Apalagi di sana pengunjung juga bisa berswafoto di deretan tanaman mangrove sambil menikmati keindahan alamnya.

Lokasinya berada dalam kawasan objek wisata pantai Cemara Indah Gosong Telaga, Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara atau sekitar 70 kilometer dari Kota Subulussalam.

Para pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau nan asri dari deretan pohon bakau yang rimbun. Jembatan kayu dan hewan liar serta rumah kayu atau gazebo tempat beristirahat tersedia di sana.

Perpaduan hutan bakau dan pantai memberikan sensasi ketenangan tersendiri, cocok untuk kalian yang sedang butuh ketenangan dari betapa penat dan peliknya kehidupan.

Baca juga: Wisata Ujung Batu di Pulau Banyak, Aceh Singkil, Akuarium Raksasa dan Kisah Legenda Perahu Pecah

Baca juga: Rayuan Pulau Kelapa, Pesona Kepulauan Banyak yang Sulit Ditolak, Siap-siap Terpikat

Tempat ini tepat dijadikan sebagai destinasi alternatif bagi mereka pecandu wisata alam dan pengunjung dapat menyusuri rimbunnya kawasan mangrove dengan perahu.

Selain mendapatkan asupan oksigen yang masih bersih, tempat ini juga layak dijadikan hunting foto bahkan untuk preweding ataupun sekadar upload di sosial media.

Untuk menuju destinasi ini wisatawan bisa menggunakan jalur darat   dengan waktu tempuh sekitar 20 menit baik menggunakan motor ataupun mobil dari ibu kota Aceh Singkil atau 60 menit dari Kota Subulussalam.

Tiga hari lalu, bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur bersama rombongan berkesempatan mengunjungi  lokasi agrowisata hutan mangrove di Aceh Singkil.

Menggunakan perahu kayu berpenggerak mesin speedboat, Zainal yang akrab disapa Waled ini menjelajah hutan manggrove dengan ditemani Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid.

Rombongan mengawali petualang ke ekowisata hutan mangrove yang dikelola Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Bina Cita Kreasi Gosong Telaga Selatan.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Airifin M Nur naik perahu berpetualang ke hutan mangrove ekowisata yang dikelola Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Bina Cita Kreasi Gosong Telaga Selatan, Senin (22/2/2021)
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur di ekowisata hutan mangrove yang dikelola Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Bina Cita Kreasi Gosong Telaga Selatan, Singkil Utara, Senin (22/2/2021)

Di haluan perahu duduk Manajer Multimedia Serambi Indonesia, Safriadi Syahbuddin yang bertugas mengabadikan momen petulangan dari bagian depan.

Di belakang Manejer Umum dan Percetakan Komersial Serambi Indonesia Firdaus bersama awak Bagian Iklan Kurniadi dan Camat Singkil Utara, Amril sebagai pemandu bersama Sekretaris Disparpora Samlah.

Petualangan pun dimulai, perahu melaju pelan membelah sungai pemisah laut dengan daratan. Tumbuhan mangrove memagari mulai menghiasi pemandangan.

Kurang lima menit tiba di pondok yang menjadi dermaga persinggahan sebelum masuk lebih dalam ke hutan mangrove.

Setelah ngaso sambil meneguk air mineral. Kecuali Bupati Aceh Singkil, walau cuaca panas tak tergoda segarnya tegukan air lantaran sedang puasa sunah.

Puas bercengkrama petulangan sesungguhnya dimulai dengan berjalan kaki telusuri jalan setapak yang dibuat dari kayu. Rapatnya pohon mangrove langsung mendominasi pemandangan.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Airifin M Nur naik perahu berpetualang ke hutan mangrove ekowisata yang dikelola Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Bina Cita Kreasi Gosong Telaga Selatan, Senin (22/2/2021)
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Airifin M Nur naik perahu berpetualang ke hutan mangrove ekowisata yang dikelola Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Bina Cita Kreasi Gosong Telaga Selatan, Senin (22/2/2021) (SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI)

Masuk lebih dalam sebuah anak sungai mengalir tepat di atas jalan setapak. Perjalanan berhenti tepat di lokasi swafoto berlatar belakang tulisan I love.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved